Genteng metal yang tahan saat gempa melanda

Genteng Rumah

Kita sama-sama tahu bukan bahwa atap adalah salah satu bagian terpenting sebuah rumah atau bangunan. Tentu saja perlu sekali memperhatikan kualitas dan kekuatan atap yang akan kita gunakan. Genteng metal tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat karena belakangan jenis genteng ini menjadi populer dipasang pada rumah dan bangunan. Genteng metal lebih tahan lama, ringan, dan tahan gempa.

Apa itu genteng metal? Bahan atap atau biasa kita kenal dengan genteng, yang dibuat dari bahan logam. Fungsinya sama dengan bahan atap lainnya, yakni menjadi atap rumah atau bangunan-bangunan lainnya.

Jika dibandingkan dengan jenis genteng beton atau jenis genteng bahan lainnya, genteng metal ini jauh lebih ringan. Tahukah kamu? Berat dari genteng metal adalah 1 banding 10 genteng beton. Nah, penggunaan genteng metal ini cocok digunakan pada rumah atau bangunan yang berada dalam wilayah rawan gempa dan juga sangat baik digunakan pada daerah bertanah gambut seperti pulau Sumatera dan Kalimantan.

Saat gempa besar terjadi di daerah Yogyakarta pada tahun 2006 lalu yang banyak menghancurkan rumah dan bangunan, menyebabkan masyarakat pulau jawa perlahan mulai beralih menggunakan genteng metal ini untuk rumah-rumah mereka. Kenapa begitu? Karena apabila gempa bumi melanda genteng metal akan meminimalisir pergeseran yang terjadi karena antara satu genteng dengan yang lain merekat kuat.

Tipe-tipe genteng metal

  • Alumunium

Tipe yang satu ini bersifat tahan karat. Namun sayangnya ada kelemahan yaitu harga yang sangat mahal sehingga sebenarnya kurang cocok untuk dijadikan bahan baku genteng metal.

  • Galvanis

Berbeda dengan alumunium, dari segi harga relatif murah. Meskipun harganya murah, namun tipe ini sangat kuat. Tipe galvanis biasanya dipakai untuk bahan baku genteng metal tradisional.

  • Zincalume

Untuk tipe yang satu ini adalah campuran dari bahan Aluminium dengan Seng.

Karena bersifat sangat ringan genteng ini tidak membebani bangunan. Selain itu genteng metal juga memiliki beragam variasi warna yang tidak ada pada genteng bahan lainnya.