Cara Merawat Genset Diesel Agar Tidak Mudah Rusak

Genset

Genset diesel tentunya memerlukan beberapa perawatan agar tidak mudah rusak, dimana genset yang sering digunakan pastinya akan menjadi mudah rusak. Oleh sebab itu dengan melakukan perawatan maka akan membuat genset terhindar dari kerusakan, apabila sudah terlanjur mengalami kerusakan maka dapat ditangani dengan cepat. Namun saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat genset yang baik dan benar, terutama mereka yang baru mulai menggunakan genset. Padahal cara ini sangat penting sebab dapat membuat umur genset menjadi lebih panjang, selain itu melakukan perawatan juga harus secara teratur. Jadi apabila umur genset panjang maka secara tidak langsung Anda dapat berhemat karena tidak harus membeli genset baru pada waktu yang dekat, mengingat harga genset tidaklah murah.

1.Memeriksa sistem listrik

Hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam perawatan genset diesel adalah memeriksa sistem listrik, dimana Anda dapat memeriksa bagian baterai startingnya. Hal ini bertujuan agar mesin dapat dinyalakan langsung dan tanpa hambatan, sehingga Anda tidak akan kerepotan ketika akan menyalakan mesin nanti. Selain itu jangan lupa untuk memeriksa kabel di sekitarnya apakah putus atau tidak sehingga kinerja mesin tidak akan terhambat, ditambah lagi periksa juga karat yang terdapat pada mesin. Mengingat munculnya karat dapat menghambat sistem mesin dalam bekerja, tentunya karat bisa ada pada mesin genset mengingat mesin ini biasanya diletakkan di luar ruangan.

2.Memeriksa bahan bakar

Bahan bakar merupakan salah satu hal penting pada genset, dimana tanpa adanya bahan bakar maka genset tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh sebab itu periksa  pada bagian jalur balik dan filter bahan bakar. Hal ini bertujuan agar genset bekerja dengan baik, serta pastikan tidak ada kebocoran pada genset yang dapat membuat genset menjadi konslet. Jadi apabila sistem bahan bakar bekerja dengan baik maka baik dan lancar pula genset dalam bekerja, mengingat bahan bakar merupakan hal penting pada sebuah genset.

  1. Memeriksa sistem pembuangan

Memeriksa sistem pembuangan juga tidak kalah penting, dimana hal ini dapat menekan resiko munculnya polusi udara akibat asap beracun yang dihasilkan oleh mesin ini. Sebab apabila asap beracun dihasilkan banyak maka dapat membahayakan lingkungan sekitar, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda memeriksa sistem pembuangan setiap seminggu sekali. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda memeriksa bagian manifold, pipa knalpot, gasket dan sistem pembuangan lainnya. Serta pastikan tidak ada terjadinya kebocoran yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja genset dan membahayakan orang di sekitar. Jadi jangan lupa memperhatikan hal ini dalam perawatan genset diesel, sehingga mesin dapat terjaga kinerjanya dan tidak akan mudah rusak.